Minggu, 30 April 2017

Tugas 3

Bentuk Pemerintahan yang ada Di Dunia

Bentuk pemerintahan adalah suatu istilah yang digunakan untuk merujuk pada rangkaian institusi politik yang digunakan untuk menorganisasikan suatu negar guna menegakkan kekusaannya atas suatu komunitas politik. Beberapa bentuk pemerintahan di dunia, diantaranya adala sebagai berikut :

 

 Aristokrasi

    Aristokrasi berasal dari Bahasa Yunani Kuno, Aristo yang berarti terbaik dan Kratia yang berarti untuk memimpin. Dengan demikian, Aristokrasi adalah sistem pemerintahan yang dipimpin oleh individu yang terbaik. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Yunani.
     

      Oligarki

        Oligarki adalah bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya secara efektif dipegang oleh kelompok elit kecil dari masyarakat, baik dibedakan menurut kekayaan, keluarga, atau militer. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Rusia.
         

          Demokrasi 

          Demokrasi adalah bentuk atau sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.

          Salah satu pilar dalam sistem demokrasi adalah prinsip Trias Politica yang membagi tiga kekuasaan politik negara (legislatif, eksekutif, dan yudikatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang bersifat independen dan berada dalam peringkat yang sejajar antara satu dengan yang lainnya. Kesejajaran atau independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga tersebut dapat saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip check and balances.

          Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini 
          adalah Indonesia dan Amerika Serikat
           

          Otokrasi

            Otokrasi berasal dari Bahasa Yunani Autokrator, yang berarti berkuasa sendiri. Otokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya dipegang oleh satu orang. Otokrasi biasanya dibandingkan dengan oligarki dan demokrasi. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Jerman pada masa Adolf Hitler. 
             

              Monarki

                Monarki adalah sebuah dukungan terhadap pendirian, pemeliharaan, atau pengembalian sistem kerajaan sebagai sebuah bentuk pemerintahan dalam sebuah negara. 
                  Jenis Monarki
                    • Monarki Mutlak Monarki mutlak atau monarki absolut merupakan bentuk monarki yang berprinsip seorang raja mempunyai kuasa penuh untuk memerintah negaranya. Berbeda dengan sistem monarki konstitusionalperdana menteri dalam kerajaan monarki mutlak hanya memainkan peranan simbolis. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Arab Saudi, Brunei Darussalam.
                    • Monarki Konstitusional
                      Monarki konstitusiona
                      l adalah sejenis monarki yang didirikan di bawah sistem konstitusional yang mengakui RajaRatu, atau Kaisar sebagai kepala negara. Monarki konstitusional yang modern biasanya menggunakan konsep trias politica, atau politik tiga serangkai. Ini berarti raja adalah hanya ketua simbolis cabang eksekutif.  
                      Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Denmark, Inggris. 
                     
                     

                      Emirat

                        Emirat adalah sebuah wilayah yang dipimpin oleh seorang Emir. Contoh, Uni Emirat Arab yang merupakan sebuah negara yang terdiri dari 7 (tujuh) emirat federal yang masing-masing diperintah oleh seorang Emir. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Uni Emirat Arab.
                         

                          Plutokrasi

                            Plutokrasi adalah sistem pemerintahan yang mengacu pada suatu kekuasaan atas dasar kekayaan yang mereka miliki. Sejarah mencatat bahwa keterlibatan kaum hartawan dalam politik kekuasaan berawal di kota Yanani, untuk kemudian diikuti di kawasan Genova Italia.

                            Sumber : http://www.gerbangilmu.com/2015/12/bentuk-pemerintahan-di-dunia-beserta.html

                            Tidak ada komentar:

                            Posting Komentar